- Akuntabilitas dan Kemampuan Beradaptasi (menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi pada tempat kerja dan hubungan masyarakat, menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain, memaklumi keanekaragaman)
- Kecakapan Berkomunikasi (memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efeketif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia)
- Kreatifitas dan Keingintahuan Intelektual (mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada orang lain, bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda)
- Berpikir Kritis dan Berpikir dalam Sistem (berusaha memberikan penalaran yang masuk akal dalam memahami dan membuat pilihan yang rumit, memahami interkoneksi antar sistem)
- Kecakapan Melek Informasi dan Media (menganalisa, mengakses, mengelola, mengintegrasi, mengevaluasi, dan menciptakan informasi dalam berbagai bentuk dan media)
- Kecakapan Hubungan Antar Pribadi dan Kerjasama (menunjukkan kerjasama kelompok dan kepemimpinan, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif, berempati, dan menghormati sudut pandang yang berbeda)
- Identifikasi Masalah, Penjabaran, dan Solusi (kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah)
- Pengarahan Pribadi (memonitor pemahaman diri dan mempelajari kebutuhan pembelajaran, menemukan sumber-sumber yang tepat, mentransfer pembelajaran dari satu bidang ke bidang lainnya)
- Tanggungjawab Sosial (tanggungjawab dalam bertindak dengan mengutamakan kepentingan masyarakat, menunjukkan perilaku etis pada tempat kerja dan hubungan masyarakat)
Senin, 04 April 2011
Kecakapan Pembelajaran Abad ke-21
Untuk membantu para siswa mencapai tingkat partisipasi penuh di masyarakat, guru harus memusatkan perhatian pada kecakapan-kecakapan di abad ke-21 berikut ini, dan membantu para siswa beradaptasi terhadap perubahan sosial dan teknologi:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar