Jumat, 29 Juli 2011

TOT MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21

PENYELENGGARAAN TOT MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 
KERJASAMA ANTARA
DINAS DIKPORA PROVINSI D.I.YOGYAKARTA,
LPMP D.I.YOGYAKARTA DAN INTEL CORPORATION INDONESIA

I.       PENDAHULUAN
Salah satu upaya membangun siswa agar memiliki keterampilan abad 21 merupakan suatu tantangan tersendiri. Paradigma pembelajaran lama sudah tidak bisa lagi dipertahankan. Paradigma pendidikan modern yang lebih bersifat student-centered dan constructive learning sebaiknya segera dilakukan mulai saat ini, mulai dari hal yang kecil/sederhana.

II.   MAKSUD DAN TUJUAN
1.     Mendalami arti dari kecakapan abad 21 yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi era persaingan di abad 21
2.     Memberikan kecakapan dan pengertian baru mengenai pembelajaran yang berpusat pada siswa
3.     Menciptakan satu rencana unit pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang langsung dapat diimplementasikan di dalam/luar kelas.

III.   SASARAN
Sasaran kegiatan ToT Model Pembelajaran Abad 21 ini yaitu guru-guru sekolah tingkat dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Provinsi D.I.Yogyakarta yang memiliki kemampuan dasar komputer (aplikasi pengolah kata, lembar sebar, presentasi/multimedia dan internet).

IV.    HASIL  YANG DIHARAPKAN
1.     Peserta memahami dan menguasai ketrampilan kecakapan abad 21 (21st Century Skills)
2.     Peserta mampu mengembangkan rencana pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).
3.     Peserta memiliki kemampuan mengajar dalam pelatihan bagi guru.
4.     Menghasilkan guru-guru yang dapat dijadikan sebagai Master Trainner (MT) yang akan mengimbaskan kepada Participant Trainer (PT) yang bersertifikat Internasional (INTEL Corporation) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

V.      WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
ToT Model Pembelajaran Abad 21 diselenggarakan pada tanggal 8 – 13 Agustus 2011 di BLPT (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Prov. D.I.Yogyakarta).

VI.    NARASUMBER
Narasumber atau penatar pada ToT Model Pembelajaran Abad 21 ini merupakan Senior Trainer (ST) dari INTEL Corporation Indonesia.

VII.  SYARAT PESERTA
a.     Guru Kelas atau Guru Mapel tingkat Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang memiliki motivasi tinggi dalam pengembangan pembelajaran di Sekolah yang berusia 45 tahun ke bawah pada saat pelatihan dilaksanakan.
b.     Memiliki kemampuan Komputer Dasar (Aplikasi Pengolah Kata, Lembar Sebar, Presentasi/multimedia) dan Internet
c.     Membawa Laptop yang memiliki fasilitas WIFI dan terinstal aplikasi pengolah kata, lembar sebar, presentasi/multimedia dan browser internet pada saat pelatihan.
d.     Pernyataan sanggup mengikuti pelatihan secara utuh menyeluruh
e.     Membawa Silabus dan RPP semester ganjil pada saat pelatihan
f.      Membawa Surat Tugas dari kepala Sekolah pada saat pelatihan

VIII.       PENDAFTARAN
a.     Pendaftaran peserta dibuka mulai 26 Juli s.d. 4 Agustus 2011 melalui Sekretariat Panitia di LPMP Yogyakarta dengan menghubungi C.P. Sdr. Ari Kushartoyo, S.Hut (Sub Bagian Umum) HP. 085292206569.
b.     Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah), guna biaya ATK dan operasional/manajemen dibayarkan pada saat pendaftaran, sedangkan Konsumsi, Uang Saku dan Transport Peserta ditanggung sekolah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar